Kumpulan Karya
Berikut karya yang pernah dibuat dan dipublikasikan
Produk Tahun 2010
Media Pembelajaran IPA Bertema Usaha dan Energi
Media ini disusun saat bekerjasama dengan BTKP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Propinsi DIY. Media ini berbasis web (html) yang merupakan salahsatu konten portal belajar jogjabelajar.org. Dikembangkan pada tahun 2010
Produk Tahun 2011
Media Pembelajaran Bertema Suhu dan Pengukuran
Media ini disusun saat bekerjasama dengan BTKP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Propinsi DIY. Media ini berbasis web (html) yang merupakan salahsatu konten portal belajar jogjabelajar.org. Dikembangkan pada tahun 2011
Media Pembelajaran Bertema Kemagnetan
Media ini disusun saat bekerjasama dengan BTKP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Propinsi DIY. Media ini berbasis web (html) yang merupakan salahsatu konten portal belajar jogjabelajar.org. Dikembangkan pada tahun 2011
Media Pembelajaran Bertema Massa Jenis
Media pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan aplikasi swishmax. Dipublish dalam bentuk flash (.swf) dan aplikasi barbasis windows (.exe). Media ini digunakan dalam Lomba Multimedia Pembelajaran Tingkat Propinsi DIY, meraih juara 1. Event tersebut berlangsung pada tahun 2011
Media Pembelajaran Bertema Mata (Alat Optik)
Media pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan aplikasi swishmax. Dipublish dalam bentuk flash (.swf) dan aplikasi barbasis windows (.exe). Media ini digunakan dalam pembelajaran di sekolah untuk membantu siswa belajar, dikembangkan pada tahun 2011. Media ini juga terdapat type 2 dalam layout portrait (tegak), dikembangkan tahun 2012
Produk Tahun 2012
Media Pembelajaran Bertema Petir (Listrik Statis)
Media pembelajaran dikembangkan tahun 2012, dengan program Lectora Inspire yang diperkenalkan oleh BTKP DI Yogyakarta. Penyusun membuat media ini pada saat mengikuti pelatihan di BTKP DI Yogyakarta
Produk Tahun 2013
Modul IPA Berbasis Proyek untuk SMP Bertema Siklus Air Perkotaan
Modul ini merupakan karya yang digunakan untuk penelitian tugas akhir dari penulis saat melaksanakan tugas belajar S2 Pendidikan Sains di Universitas Negeri Yogyakarta. Mengambil tema Siklus Air Perkotaan, modul ini mengambil Kompetensi Dasar lintas kelas di tingkat SMP. Digunakan untuk kelas VII SMP Kurikulum 2006
Produk Tahun 2015
Media Pembelajaran Bertema Gerak Tumbuhan (K-2013)
Media pembelajaran dikembangkan tahun 2015, dengan program Lectora Inspire yang diperkenalkan oleh BTKP DI Yogyakarta. Digunakan dalam Lomba Media Pembelajaran tingkat propinsi DI Yogyakarta, sayang tidak memperoleh juara pada saat itu
Media Pembelajaran Bertema Sistem Pernapasan
Media pembelajaran dikembangkan tahun 2015, dengan program Lectora Inspire yang diperkenalkan oleh BTKP DI Yogyakarta. Media ini digunakan dalam pembelajaran di sekolah untuk membantu siswa belajar
Media Pembelajaran Bertema Proses Ekskresi Ginjal
Media ini dikembangkan pada tahun 2015 dengan menggunakan program swishmax, dengan jenis publikasi (.swf). Dikembangkan sebagai bentuk kontribusi komunitas pengembang media pembelajaran Yogyakarta di Pustekkom Kemendikbud.
Media Pembelajaran Bertema Alat Optik
Media ini dikembangkan pada tahun 2015 dengan menggunakan program swishmax, dengan jenis publikasi (.swf). Dikembangkan sebagai bentuk kontribusi komunitas pengembang media pembelajaran Yogyakarta di Pustekkom Kemendikbud.
Media Pembelajaran Bertema Pemuaian
Media ini dikembangkan pada tahun 2015 dengan menggunakan program swishmax, dengan jenis publikasi (.swf). Dikembangkan sebagai bentuk kontribusi komunitas pengembang media pembelajaran Yogyakarta di Pustekkom Kemendikbud.
Media Pembelajaran Bertema Suhu
Media ini dikembangkan pada tahun 2015 dengan menggunakan program swishmax, dengan jenis publikasi (.swf). Dikembangkan sebagai bentuk kontribusi komunitas pengembang media pembelajaran Yogyakarta di Pustekkom Kemendikbud.
Media Pembelajaran Bertema Gerak Tropisme
Media ini dikembangkan pada tahun 2015 dengan menggunakan program swishmax, dengan jenis publikasi (.swf). Dikembangkan sebagai bentuk kontribusi komunitas pengembang media pembelajaran Yogyakarta di Pustekkom Kemendikbud
Produk Tahun 2016
Game "Mosque Of Mataram" Berbasis Minecraft Education Edition untuk Pembelajaran Rangkaian Listrik
Game ini dikembangkan dengan aplikasi minecraft education edition pada tahun 2016. Edisi ini memungkinkan guru untuk membuat dunia minecraft yang berisikan kegiatan pembelajaran siswa. Mengambil judul "Mosque Of Mataram", game yang disusun ini digunakan untuk mengenalkan komponen dan rangkaian listrik dengan latar situs budaya masjid mataram
Produk Tahun 2017
Penelitian Ilmiah: Penggunaan I-Gas (Inquiry-Group Assignment) dalam Diseminasi Pengembangan IBL (Inquiry-Based Learning) untuk Meningkatkan Sikap Positif dan Pemahaman Konsep Guru IPA SMP di Kabupaten Gunungkidul
Penelitian ini membahas tentang penggunaan penugasan kelompok inkuiri dalam diseminasi Pengembangan IBL dalam peningkatan sikap positif dan pemahaman konsep guru IPA SMP Gunungkidul. Penelitian ini diseminasikan dalam Simposium Nasional IPA Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh PPPPTK IPA
Produk Tahun 2018
Penelitian Ilmiah: Profil Keterampilan Berpikir Kritis, Kreatifitas dan Inovasi, serta Komunikasi dalam Pembelajaran IPA Topik Energi Dengan Pendekatan STEM Pada Siswa Kelas VII(Tujuh) SMPN 3 Panggang Gunungkidul
Penelitian ini merupakan penelitian yang memperoleh Research Grants 2018 dari SEAQIS. Meneliti implementasi STEM yang menggunakan unit pengembangan PPPPTK IPA topik energi dalam hal keterampilan berpikir kritis, kreatifitas dan inovasi, serta komunikasi siswa
Produk Tahun 2019
Jurnal Ilmiah: Elemen Kunci dari Siklus Pembelajaran Modeling Instruction dalam Proses Pembelajaran Keterampilan Abad 21
Jurnal ini merupakan refleksi dari ilmu yang didapatkan penulis dari program pelatihan guru ke luar negeri oleh Kemdikbud pada tahun 2019. Penulis mendapatkan kesempatan untuk belajar di Universitas Nagoya. Salahsatu yang diajarkan tentang Modeling Instruction. Penulis mencoba untuk membahas keterkaitan modeling instruction dengan keterampilan abad 21
Makalah Seminar Internasional: Potensi Integrasi Modeling Instruction (MI) dalam Engineering Design Process (EDP) Pada STEM dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis, Kolaborasi, Kreativitas dan Inovasi Serta Komunikasi
Makalah ini disampaikan dalam seminar internasional yang diadakan oleh SAEQIS dan PPPPTK IPA. Makalah ini membahas tentang potensi yang dimiliki dari integrasi Modeling Instruction pada STEM dalam Pembelajaran IPA
Inobel 2019: Penerapan STEM Terintegrasi Modeling Instruction dan Simulation Game Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi Siswa Kelas VII SMPN 3 Panggang
Karya ini merupakan karya penulis yang diikutkan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Nasional yang diadakan oleh Kesharlindung Dikdas. Membahas tentang Penerapan STEM yang terintegrasi Modeling Instruction dan Simulation Game dalam Pembelajaran IPA. Mengambil Tema Tata Surya, siswa berperan sebagai ilmuan eksplorasi luar angkasa untuk mencari bumi yang lain sebagai tempat hidup manusia di masa yang akan datang. Karya ini memperoleh Predikat Juara III Inovasi Pembelajaran Nasional dalam Kategori MIPA SMP
Penelitian Ilmiah: Penggunaan Mind Map Dalam Pembelajaran IPA Untuk Melatih Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas VII SMPN 3 Panggang
Mindmap merupakan model pencatatan yang memanfaatkan pemetaan dalam otak. Konsep konsep kunci terhubung dalam skema peta pikiran sebagai bentuk pemahaman siswa dalam menangkap esensi materi pembelajaran. Dalam penelitian ini mindmap digunakan sebagai sarana melatihkan literasi baca tulis dari Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Panggang, Penelitian ini dimuat dalam Prosiding Simposium Nasional IPA SMP Tahun 2019 yang diadakan oleh PPPPTK IPA
Produk Tahun 2020
Buku "Remote Learning in The Covid Era"
Buku ini merupakan kumpulan tulisan guru se Indonesia tentang pembelajaran yang dilakukan di sekolah masing masing. Dengan background sekolah yang berbeda, pembelajaran yang dilakukan masing masing menjadi beragam. Keberagaman itulah yang membuat buku ini patut untuk dibaca sebagai wacana bermacam kegiatan belajar yang efektif.
Dengan mengusung penggunaan beragam aplikasi dan feedback, Imam Wicaksono sebagai guru di SMPN 3 Panggang mencoba berbagi proses yang telah dilaksanakan, semoga memberikan manfaat dan pencerahan bagi pembaca.