Media ini disusun saat bekerjasama dengan BTKP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Propinsi DIY. Media ini berbasis web (html) yang merupakan salahsatu konten portal belajar jogjabelajar.org. Dikembangkan pada tahun 2010
Media ini disusun saat bekerjasama dengan BTKP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Propinsi DIY. Media ini berbasis web (html) yang merupakan salahsatu konten portal belajar jogjabelajar.org. Dikembangkan pada tahun 2011
Media ini disusun saat bekerjasama dengan BTKP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Propinsi DIY. Media ini berbasis web (html) yang merupakan salahsatu konten portal belajar jogjabelajar.org. Dikembangkan pada tahun 2011
Media pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan aplikasi swishmax. Dipublish dalam bentuk flash (.swf) dan aplikasi barbasis windows (.exe). Media ini digunakan dalam Lomba Multimedia Pembelajaran Tingkat Propinsi DIY, meraih juara 1. Event tersebut berlangsung pada tahun 2011
Media pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan aplikasi swishmax. Dipublish dalam bentuk flash (.swf) dan aplikasi barbasis windows (.exe). Media ini digunakan dalam pembelajaran di sekolah untuk membantu siswa belajar, dikembangkan pada tahun 2011. Media ini juga terdapat type 2 dalam layout portrait (tegak), dikembangkan tahun 2012
Media pembelajaran dikembangkan tahun 2012, dengan program Lectora Inspire yang diperkenalkan oleh BTKP DI Yogyakarta. Penyusun membuat media ini pada saat mengikuti pelatihan di BTKP DI Yogyakarta
Modul ini merupakan karya yang digunakan untuk penelitian tugas akhir dari penulis saat melaksanakan tugas belajar S2 Pendidikan Sains di Universitas Negeri Yogyakarta. Mengambil tema Siklus Air Perkotaan, modul ini mengambil Kompetensi Dasar lintas kelas di tingkat SMP. Digunakan untuk kelas VII SMP Kurikulum 2006
Media pembelajaran dikembangkan tahun 2015, dengan program Lectora Inspire yang diperkenalkan oleh BTKP DI Yogyakarta. Digunakan dalam Lomba Media Pembelajaran tingkat propinsi DI Yogyakarta, sayang tidak memperoleh juara pada saat itu
Media pembelajaran dikembangkan tahun 2015, dengan program Lectora Inspire yang diperkenalkan oleh BTKP DI Yogyakarta. Media ini digunakan dalam pembelajaran di sekolah untuk membantu siswa belajar
Media ini dikembangkan pada tahun 2015 dengan menggunakan program swishmax, dengan jenis publikasi (.swf). Dikembangkan sebagai bentuk kontribusi komunitas pengembang media pembelajaran Yogyakarta di Pustekkom Kemendikbud.
Media ini dikembangkan pada tahun 2015 dengan menggunakan program swishmax, dengan jenis publikasi (.swf). Dikembangkan sebagai bentuk kontribusi komunitas pengembang media pembelajaran Yogyakarta di Pustekkom Kemendikbud.
Media ini dikembangkan pada tahun 2015 dengan menggunakan program swishmax, dengan jenis publikasi (.swf). Dikembangkan sebagai bentuk kontribusi komunitas pengembang media pembelajaran Yogyakarta di Pustekkom Kemendikbud.
Media ini dikembangkan pada tahun 2015 dengan menggunakan program swishmax, dengan jenis publikasi (.swf). Dikembangkan sebagai bentuk kontribusi komunitas pengembang media pembelajaran Yogyakarta di Pustekkom Kemendikbud.
Media ini dikembangkan pada tahun 2015 dengan menggunakan program swishmax, dengan jenis publikasi (.swf). Dikembangkan sebagai bentuk kontribusi komunitas pengembang media pembelajaran Yogyakarta di Pustekkom Kemendikbud
Game ini dikembangkan dengan aplikasi minecraft education edition pada tahun 2016. Edisi ini memungkinkan guru untuk membuat dunia minecraft yang berisikan kegiatan pembelajaran siswa. Mengambil judul "Mosque Of Mataram", game yang disusun ini digunakan untuk mengenalkan komponen dan rangkaian listrik dengan latar situs budaya masjid mataram
Penelitian ini membahas tentang penggunaan penugasan kelompok inkuiri dalam diseminasi Pengembangan IBL dalam peningkatan sikap positif dan pemahaman konsep guru IPA SMP Gunungkidul. Penelitian ini diseminasikan dalam Simposium Nasional IPA Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh PPPPTK IPA
Penelitian ini merupakan penelitian yang memperoleh Research Grants 2018 dari SEAQIS. Meneliti implementasi STEM yang menggunakan unit pengembangan PPPPTK IPA topik energi dalam hal keterampilan berpikir kritis, kreatifitas dan inovasi, serta komunikasi siswa
Jurnal ini merupakan refleksi dari ilmu yang didapatkan penulis dari program pelatihan guru ke luar negeri oleh Kemdikbud pada tahun 2019. Penulis mendapatkan kesempatan untuk belajar di Universitas Nagoya. Salahsatu yang diajarkan tentang Modeling Instruction. Penulis mencoba untuk membahas keterkaitan modeling instruction dengan keterampilan abad 21
Makalah ini disampaikan dalam seminar internasional yang diadakan oleh SAEQIS dan PPPPTK IPA. Makalah ini membahas tentang potensi yang dimiliki dari integrasi Modeling Instruction pada STEM dalam Pembelajaran IPA
Karya ini merupakan karya penulis yang diikutkan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Nasional yang diadakan oleh Kesharlindung Dikdas. Membahas tentang Penerapan STEM yang terintegrasi Modeling Instruction dan Simulation Game dalam Pembelajaran IPA. Mengambil Tema Tata Surya, siswa berperan sebagai ilmuan eksplorasi luar angkasa untuk mencari bumi yang lain sebagai tempat hidup manusia di masa yang akan datang. Karya ini memperoleh Predikat Juara III Inovasi Pembelajaran Nasional dalam Kategori MIPA SMP
Mindmap merupakan model pencatatan yang memanfaatkan pemetaan dalam otak. Konsep konsep kunci terhubung dalam skema peta pikiran sebagai bentuk pemahaman siswa dalam menangkap esensi materi pembelajaran. Dalam penelitian ini mindmap digunakan sebagai sarana melatihkan literasi baca tulis dari Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Panggang, Penelitian ini dimuat dalam Prosiding Simposium Nasional IPA SMP Tahun 2019 yang diadakan oleh PPPPTK IPA
Buku ini merupakan kumpulan tulisan guru se Indonesia tentang pembelajaran yang dilakukan di sekolah masing masing. Dengan background sekolah yang berbeda, pembelajaran yang dilakukan masing masing menjadi beragam. Keberagaman itulah yang membuat buku ini patut untuk dibaca sebagai wacana bermacam kegiatan belajar yang efektif.
Dengan mengusung penggunaan beragam aplikasi dan feedback, Imam Wicaksono sebagai guru di SMPN 3 Panggang mencoba berbagi proses yang telah dilaksanakan, semoga memberikan manfaat dan pencerahan bagi pembaca.